Laporanku…pra observasi di SDN 179 Palembang

PMRI DI SDN 179 PALEMBANG (1)

Oleh: Sylvana Novilia S

Para mahasiswa IMPOME 2011-UNSRI secara resmi telah memulai kegiatan perkuliahan pada tanggal 8 Agustus 2011. Salah satu matakuliah yang ditempuh pada semester perdana kami adalah Mathematics Classroom Observation/ Product Development yang dibina oleh Dr. Ratu Ilma Indra Putri, M.Si. Kami, yang terdiri dari 15 orang dari seluruh Indonesia, mendapat tugas untuk observasi di 13 sekolah dasar yang berbeda, dengan 1-2 orang untuk tiap sekolah. Saya sendiri mendapat bagian untuk mengadakan observasi tentang kelas PMRI di SDN 179 Palembang.

Sekolah Dasar Negeri  179  ini merupakan salah satu sekolah  RSBI sekaligus sekolah dasar favorit di kota ini. Awal kunjungan saya ke SDN 179 ini adalah pada hari Kamis, 18 Agustus 2011. Namun, sayang saya belum berhasil menemui Kepala Sekolahnya, Ibu Yuliani. Beliau baru saja pulang dari Bogor, terkait dengan pengembangan pembelajaran di sekolahnya, dan langsung mengadakan rapat dengan pihak-pihak terkait. Setelah membuat janji, saya pun datang kembali keesokan harinya. Beliau menerima dengan lapang dan dengan senang hati memberikan sedikit gambaran tentang pelaksanaan proses pembelajaran secara umum dan PMRI di sekolahnya.

Dalam dua tahun ini, pelaksanaan PMRI di SDN 179 berjalan lancar untuk kelas I dan II, tetapi tidak demikian dengan level kelas yang lebih tinggi. Beliau melanjutkan, hal ini dikarenakan buku-buku penunjang yang tersedia barulah untuk kelas I dan II saja sedangkan untuk level di atasnya belum tersedia. Para guru PMRI di sekolah ini pun merasa enjoy dalam melaksanakan PMRI di kelas dan belum menemukan kendala yang berarti, terang beliau. Diantara 3-4 orang guru tersebut sebenarnya ada seorang guru yang sangat andil dalam PMRI, namun sayangnya beliau telah dimutasikan ke sekolah lain. Tetapi beliau juga menegaskan bahwa kepindahan guru tersebut tidak menjadi hambatan dalam keberlangsungan proses PMRI di sekolah ini.

Semangat juang Ibu Yuliani, selaku Kepala Sekolah SDN 179 membuat beliau terus mengembangkan proses pendidikan di sekolah ini. Selain membekali dan mendukung para siswanya untuk terus mencetak prestasi, yang dibuktikan dengan banyaknya penghargaan yang diterima, beliau juga bertekad untuk mengembangkan SDM (Sumber Daya Manusia) para gurunya. Bahkan beliau sempat meminta Kak Ruli,dkk (mahasiswa IMPOME 2010-UNSRI) untuk mengadakan sharing tentang PMRI bagi semua guru di sekolahnya. Beliau juga menambahkan bahwa beliau juga turut mengajak guru dari sekolah lain yang mungkin berminat untuk mengikuti sharing tentang PMRI tersebut. Rencananya acara tersebut akan diadakan setelah libur Lebaran.

Demikian yang dapat saya paparkan dari hasil kunjungan pertama saya di SDN 179 Palembang ini. Untuk kedepannya, beliau mengatakan akan menunjuk seorang guru PMRI untuk mendampingi saya selama proses observasi saya di sana. Proses observasi akan dimulai tanggal 9 September 2011, setelah libur Lebaran. Besar harapan saya untuk memperoleh pengalaman riil pelaksanaan PMRI dalam observasi ini.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s